Perbedaan Menu Diet Sehat Oatmeal, Granola, dan Muesli

Photo Credit: Pexels

Ladies, tahukah kalau saat ini menu diet sehat yang menjadi favorit adalah yang mengandung biji-bijian? Seperti oatmeal, granola, dan muesli. Karena terbuat dari biji-bijian yang mengandung serat serta protein nabati,  tiga menu ini cocok dikonsumsi jika ingin menjaga pola makan. Bahkan tiga jenis santapan ini, punya varian rasa yang tidak akan membuatmu bosan.

Namun sebenarnya, ada perbedaan dari proses pembuatan dan kandungan dari masing-masing santapan diet ini. Simak paparan perbedaannya di bawah ini, ya.

Oatmeal

Oatmeal terbuat dari butiran gandum yang telah dikupas, yang dibagi menjadi dua jenis cara penggilingan, yaitu digiling secara manual (white oats) atau digiling menggunakan mesin gerinda (coarse oats). Mengonsumsi oatmeal dapat melalui dimasak atau cukup secara instan dengan dilarutkan dalam air panas matang. 

Lalu, apa yang membuat oatmeal ini bagus sebagai menu diet sehat? Karena, mengandung serat tinggi dan bebas gluten. Menurut hasil penelitian yang dilakukan USDA (United States Department of Agriculture), 100 gram oatmeal mengandung kurang lebih 1,7 gram serat, 2,4 gram protein nabati, dan tidak mengandung lemak jenuh. Maka bisa disimpulkan, bahwa oatmeal baik sebagai santapan diet setiap hari.

Granola

Granola adalah hidangan siap jadi berbentuk sereal yang dipanggang, Komposisi utama dari menu diet sehat ini adalah gandum, pemanis (madu), dan bisa ditambahkan buah-buahan kering atau kacang yang dimasak dalam oven. Granola juga bisa berbentuk sebagai energy bar untuk camilan sehat. 

Perlu kamu ketahui, bahwa kandungan pemanis pada granola ini cocok untuk yang membutuhkan asupan gula dengan kadar yang tidak berlebihan. Bahkan, aman untuk penderita diabetes melitus.

Muesli

Muesli merupakan hasil olahan rolled oat, yaitu percampuran biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering yang direndam semalaman dengan susu dingin atau jeruk. Dengan begitu teksturnya akan menjadi lunak seperti bubur.  Hidangan menu diet sehat yang satu ini memang agak terasa hambar, tapi kamu bisa menambahkan rasanya dengan tambahan buah pisang atau strawberry. 

Nah, manfaat mengonsumsi muesli ini, selain mengontrol berat badan, ternyata baik untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah penyakit jantung, tekanan darah, dan kolesterol. Kece, ya.

Mana yang paling tepat buatmu?

Setelah membaca paparan di atas, kamu sudah tahu menu diet sehat mana yang cocok untukmu? Sebelum memilih, sebaiknya perhatikan dahulu asupan nutrisi seperti apa yang dibutuhkan tubuhmu, Ladies. 

Jika kamu membutuhkan banyak energi karena aktivitas yang padat, granola dengan tambahan gula dan buah kering adalah pilihan tepat. Namun, jika kamu sedang mengurangi kadar gula dalam darah, pilihlah muesli yang tidak mengandung gula. Nah, apabila sedang diet dan mencari pengganti nasi, oatmeal bisa menjadi alternatif menu diet sehat. 

Tapi ingat juga, untuk hasil maksimal, menu diet sehat kamu juga sebaiknya dilengkapi dengan minuman sehat. Seperti Diva Beauty Drink. Minuman kecantikan ini, bukan hanya mengandung 1000 mg kolagen aktif dan elastin peptida yang membantu mempercantik kulit, tetapi juga rendah kalori (35 kalori per sajian), sehingga cocok untuk kamu yang sedang membatasi asupan kalori.


Artikel Terbaru

Ciptakan Ketenangan di Tengah Penatnya Pekerjaan

Photo Credit: PexelsMengejar pekerjaan yang terus berdatangan, mempersiapkan bahan meeting dan

Tips Hidup Sehat Orang-orang yang Jarang Sakit

Photo Credit: PexelsAda orang yang jarang sakit, mungkin Ladies bertanya-tanya kenapa mereka bisa

Perbedaan Menu Diet Sehat Oatmeal, Granola, dan Muesli

Photo Credit: PexelsLadies, tahukah kalau saat ini menu diet sehat yang menjadi favorit adalah yang

6 Makanan yang Membantu Mengatasi Stres

Photo Credit: PexelsStres bisa datang kapan saja, apalagi jika tinggal di kota besar dengan ritme