Kapan dan Berapa Kali Eksfoliasi Wajah Dilakukan

Photo credit: Getty Image

Ladies, sering beraktivitas di luar ruangan memang bisa membuat kulit jadi kusam. Untuk itu, eksfoliasi wajah penting dilakukan sebagai upaya mengangkat sel-sel kulit mati yang digantikan dengan kulit baru. Tidak perlu setiap hari, eksfoliasi wajah bisa dilakukan secara berkala di waktu yang tepat. Mau tahu? Berikut paparan lengkapnya.

Eksfoliasi di malam hari sebelum tidur jika ...

Jika kamu terbiasa menggunakan makeup sehari-hari, terutama makeup yang tebal, eksfoliasi wajah jangan sampai terlupakan. Supaya, seluruh sisa makeup dapat terangkat sempurna. Ingat, sisa foundation atau concealer yang dibiarkan menempel semalaman di kulit, dapat memicu berbagai masalah kulit wajah, seperti kerutan halus, komedo dan jerawat, lho. 

Eksfoliasi di pagi hari setelah bangun tidur jika ...

Jika kulit wajah cenderung kusam setelah bangun tidur. Umumnya hal ini disebabkan oleh kurang tidur atau kualitas waktu istirahat yang kurang baik, sehingga menghambat regenerasi sel kulit. Dengan melakukan eksfoliasi wajah di pagi hari, maka seluruh sel-sel kulit mati dapat terangkat dan menjadikan wajah terlihat lebih cantik dan glowing.

Sesuaikan jumlah pemakaian dengan jenis kulit

Bagi pemilik jenis kulit normal, eksfoliasi wajah dapat dilakukan 1-2 kali dalam satu minggu. Bahan-bahan scrub alami, seperti pepaya ditambah gula atau nanas yang punya tekstur cukup kasar dapat membuat kulit wajah lebih berseri. Sedangkan untuk kulit kombinasi, eksfoliasi wajah sebaiknya dilakukan dua kali seminggu dan dipusatkan pada area yang paling berminyak, seperti dahi dan hidung.

Sementara itu, jika kondisi kulit cenderung kering dan sensitif, cukup lakukan eksfoliasi sebanyak 1 kali dalam seminggu. Dan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, dapat dipastikan kondisi pori-pori kulit wajah cenderung lebih besar. Untuk itu, lakukan eksfoliasi sebanyak 2 atau 3 kali dalam satu minggu.

Bisa dilakukan sejak remaja hingga usia lanjut 

Mengutip artikel kesehatan di kompas.com, seorang dermatologis, Dr Melyawati Hermawan menuturkan bahwa, eksfoliasi kulit wajah dapat dilakukan sejak usia remaja (12-13 tahun). Alasannya, karena remaja di usia tersebut biasanya sudah mulai mengalami permasalahan kulit, sehingga membutuhkan eksfoliasi agar kulit tidak kusam. Lebih lanjut, eksfoliasi wajah pun sangat dibutuhkan pada orang dewasa, terutama usia di atas 25 tahun. Karena di usia ini, tanda-tanda penuaan dini mulai terlihat. Seperti flek hitam dan kerutan halus. 

Nah sudah jelas kan, sekarang, kapan dan berapa kali seharusnya melakukan eksfoliasi wajah? Supaya perawatan kulitmu lebih maksimal, selain rutin melakukan eksfoliasi, pastikan juga merawat kulit dari dalam dengan minum Diva Beauty Drink, ya. Diperkaya 1000 mg kolagen aktif dan elastin peptida, minuman kecantikan ini melembapkan kulit dan mencegah kerutan akibat penuaan dini. Belinya pun enggak ribet, karena bisa ditemukan di Indomaret.




Artikel Terbaru

Kapan dan Berapa Kali Eksfoliasi Wajah Dilakukan

Photo credit: Getty ImageLadies, sering beraktivitas di luar ruangan memang bisa membuat kulit jadi

Apa yang Terjadi Jika Kulit Dehidrasi?

Photo Credit: PexelsKulit dehidrasi bisa membuat penampilan kurang bercahaya dan enggak kelihatan

5 Aturan Mandi yang Bikin Tubuh Bersih Maksimal!

Photo Credit: PexelsTahu tidak, sebenarnya mandi bukan sekadar membasuh badan dengan sabun dan

Ketahui Ciri-ciri Kulit Tidak Sehat Sebelum Terlambat!

Photo Credit: PexelsDisadari atau tidak, meski sudah melakukan gaya hidup sehat, seperti minum dan