Apa yang Terjadi Jika Kulit Dehidrasi?

Photo Credit: Pexels

Kulit dehidrasi bisa membuat penampilan kurang bercahaya dan enggak kelihatan segar, lho! Meski ini bukan kondisi permanen, namun kamu tetap harus waspada, ya. Kondisi ini terjadi bukan karena hormon atau kelainan jaringan kulit, tetapi akibat perubahan cuaca, seperti musim pancaroba. 

Jadi, ketika temperatur udara mengalami perubahan ekstrem, membuat udara jadi kering dan lembab, hingga akhirnya menyebabkan temperatur menjadi rendah. Akibatnya, kulit pun mengalami dehidrasi. Ada yang belum tahu seperti apa ciri-ciri kulit dehidrasi? Baca artikelnya sampai habis, Ladies.

Kulit tampak kusam

Ada dua jenis air pada kulit yang bekerja memberikan kelembapan. Pertama, air diam yang bertahan pada lapisan dermis terdalam. Kedua, air dinamis yang terus bergerak. Nah, ketika kamu kurang minum, kedua jenis air tersebut otomatis berkurang dan akhirnya menyebabkan kulit dehidrasi. 

Terasa lebih sensitif

Saat kulit dehidrasi, ciri-ciri yang paling terasa adalah kulit terasa lebih sensitif. Kamu bisa menemukan beberapa ruam merah saat kulit mengalami dehidrasi. Hal ini disebabkan oleh menurunnya fungsi pelindung pada kulit (aquaporins) yang seharusnya mengedarkan nutrisi untuk lapisan kulit.

Sayangnya, aquaporins tidak dapat bekerja jika kulit dehidrasi, sehingga menyebabkan kulit kekurangan nutrisi dan dampaknya kulit terasa lebih sensitif dari biasanya. 

Bagaimana mengatasi kulit dehidrasi?

Karena kulit dehidrasi merupakan sebuah kondisi temporer, maka tentu saja bisa disembuhkan dan dicegah. Ada beberapa mudah dan efektif  untuk mengatasi kulit dehidrasi. Yang pertama, pilihlah pembersih yang ringan dan lembut untuk wajah, seperti kandungan bahan organik. Ingat, jangan memakai pembersih yang mengandung alkohol tingkat tinggi karena dapat memperparah kulit dehidrasi.

Kedua, hindari minuman berkafein seperti kopi. Zat dalam kafein termasuk diuretik yang menyebabkan kenaikan produksi urine. Saat produksi urine meningkat, maka kandungan air dalam tubuh pun berkurang. 

Terakhir, cara sederhana namun manfaatnya besar adalah rutin mengonsumsi asupan minuman sehat. Seperti minum air putih, setidaknya 8 gelas sehari untuk mencegah kurangnya kandungan air pada kulit. Selain itu, imbangi juga dengan suplemen kulit, seperti Diva Beauty Drink dua botol sehari.

Diva Beauty Drink ini mengandung 1000 mg kolagen dan elastin peptida yang mampu melembapkan kulit dan meregenerasi kulit, sehingga kulit dehidrasi pun akan terhindar. Plus, kandungan vitamin E dan super antioksidan yang membantu mengencangkan, mengurangi kerutan, dan mencerahkan kulitmu, Ladies. 


Artikel Terbaru

Kapan dan Berapa Kali Eksfoliasi Wajah Dilakukan

Photo credit: Getty ImageLadies, sering beraktivitas di luar ruangan memang bisa membuat kulit jadi

Apa yang Terjadi Jika Kulit Dehidrasi?

Photo Credit: PexelsKulit dehidrasi bisa membuat penampilan kurang bercahaya dan enggak kelihatan

5 Aturan Mandi yang Bikin Tubuh Bersih Maksimal!

Photo Credit: PexelsTahu tidak, sebenarnya mandi bukan sekadar membasuh badan dengan sabun dan

Ketahui Ciri-ciri Kulit Tidak Sehat Sebelum Terlambat!

Photo Credit: PexelsDisadari atau tidak, meski sudah melakukan gaya hidup sehat, seperti minum dan