Membangun Mental Health Agar Hidup Lebih Baik

Photo Credit: Pexels

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. begitu kata pepatah klasik yang umum kita dengar. Namun, lain ceritanya di zaman sekarang yang diwarnai oleh beragam tuntutan kehidupan, karier, finansial, serta sosial. Terlihat baik-baik saja secara fisik, gangguan mental health bisa saja mengancam, tak pandang usia, jenis kelamin, dan profesi. Oleh karena itu, yuk mulai memahami membangun dan menjaga mental health. Baca sampai habis untuk tahu caranya, Ladies.

Mengenali diri sendiri dengan tepat

Pada beberapa kasus, masalah mental health dipicu akibat seseorang yang tidak dapat mengenali dirinya sendiri dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut, mulailah memahami diri, agar tahu mana hal yang penting dan tidak penting agar hidup lebih bahagia dan bersyukur.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Kesibukan mengurus pendidikan, pekerjaan, dan keluarga memang bisa membuat lupa untuk membahagiakan diri sendiri. Padahal, setiap orang tentu membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri agar bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan. Cara menyenangkan diri sendiri ini tak perlu rumit, kok. Cukup dengan berolahraga, menginap semalam di hotel, pergi ke spa selama sejam, atau sekadar baca buku dan menulis jurnal, pasti sudah membuat pikiran dan perasaanmu plong. Coba deh, buktikan.

Bergaul di lingkungan positif

Dengan siapa kamu bertemu dan bergaul setiap harinya, secara psikologis mampu memengaruhi mental health kamu. Untuk itu, pastikan selalu bergaul di lingkungan yang membawa dampak positif di kehidupanmu, ya. Cukup dengan ngobrol santai atau jalan-jalan, energi positif yang ada di lingkungan tersebut sudah membantu kondisi mental health yang baik, lho..

Lakukan detoksifikasi  media sosial

Sering tak disadari, media sosial bisa menambah beban pikiran dan membuat kita terlalu berekspektasi tinggi terhadap hidup kita, karena membandingkannya dengan kehidupan orang lain. Inilah yang menjadi pemicu timbulnya rasa iri berlebih, hingga akhirnya merusak mental health.

Supaya hal tersebut tidak terjadi padamu, tidak ada salahnya untuk melakukan digital detox, yaitu menghentikan penggunaan media sosial selama waktu tertentu. Bisa beberapa minggu, satu bulan, atau bahkan setahun. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup di dunia nyata, dan lepas sejenak dari hiruk pikuk kehidupan media sosial yang kebanyakan fana.

Meningkatkan kualitas waktu istirahat

Secara teoritis, orang dewasa membutuhkan waktu tidur setidaknya 7-8 jam per hari. Namun, waktu istirahat tidak hanya diukur berdasarkan kuantitas, tetapi juga kualitas. Jadi, pastikan tidur 7-8 jam tersebut benar-benar nyenyak dan ketika bangun badan terasa bugar. Hal ini membantu membangun pikiran yang lebih sehat dan segar.

Menikmati udara segar

Menurut studi yang dilakukan Standford dan dipublikasikan oleh Proceedings of the National Academy of Science, orang-orang yang rutin berjalan kaki selama 90 menit di alam terbuka dengan udara segar, memiliki mental health yang baik. Alam terbuka ini berarti terbebas dari polusi, seperti perkebunan, daerah pegunungan, dan lain-lain. Jadi, mulai luangkan waktu untuk berjalan kaki di alam segar, yuk.

Fakta lainnya, jiwa sehat juga membantu memancarkan kecantikan alami kamu, lho. Apalagi kalau kecantikan alami tersebut semakin dijaga dengan minuman kecantikan seperti Diva Beauty Drink. Tak hanya mengandung 1000 mg kolagen aktif, di dalam Diva beauty Drink terkandung pula elastin peptida untuk menjaga kelembapan dan menjaga kulit tetap kencang.


Artikel Terbaru

5 Model Dress Cantik Sesuai Acara

Photo Credit: PexelsDress to impress! Yes, Ladies! Cara berpakaian yang pantas memang penting. Kalau

7 Penyebab Jerawat di Wajah yang Paling Umum

Siapa yang tak kesal saat berkaca, tiba-tiba mendapati ada jerawat di wajah? Jerawat tak hanya

Ciptakan Ketenangan di Tengah Penatnya Pekerjaan

Photo Credit: PexelsMengejar pekerjaan yang terus berdatangan, mempersiapkan bahan meeting dan

Tips Hidup Sehat Orang-orang yang Jarang Sakit

Photo Credit: PexelsAda orang yang jarang sakit, mungkin Ladies bertanya-tanya kenapa mereka bisa