5 Cara Digital Detox Agar Hidup Lebih Bahagia

Photo credit: Pexel

Istilah digital detox mungkin masih asing bagi sebagian orang di Indonesia Namun beberapa selebriti Hollywood, seperti Selena Gomez dan Ed Sheeran, berhasil membuktikan bahwa digital detox membantu hidup lebih bahagia setelah beristirahat menggunakan Instagram dalam jangka waktu tertentu.

Jadi, apa sebenarnya digital detox? Adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk berhenti sejenak dari penggunaan gadget dan internet, termasuk media sosial. Alasannya, agar  lebih fokus pada kehidupan nyata, mengurangi tekanan stres, dan memperbaiki kesehatan fisik serta mental. Nah, 5 cara di bawah ini adalah cara bagaimana melakukan digital detox.

Tetapkan jadwal tanpa gadget

Di era serba digital seperti saat ini, pasti cukup sulit buat menghindari gadget selama beraktivitas. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan digital detox. Mulai sekarang cobalah untuk menetapkan jadwal tanpa gadget selama beberapa jam setiap harinya. Misalnya, tetapkan jam-jam istirahat tanpa gadget atau biarkan gadget tersimpan dalam tas.

Turn off notifications!

Untuk bisa melakukan digital detox secara maksimal, jangan ragu mematikan notifikasi ketika beristirahat di rumah. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengalihkan perhatianmu agar tidak terus mengeceknya. Dengan mematikan seluruh notifikasi, maka kamu lebih punya banyak waktu untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Waktu istirahat pun tidak akan terganggu karena bunyi notifikasi.

Kecuali kalau memang sedang ada deadline kerjaan, agak sulit dilakukan. Tapi sebaiknya berikan waktumu untuk beristirahat dari segalah pekerjaan, ya.

Istirahat dari media sosial

Media sosial memang bisa membuatmu tahu keadaan sahabat atau keluarga yang jauh, namun tanpa disadari justru bisa menjadi salah satu pemicu kecanduan gadget. Karena semakin sering melihat post milik orang, maka sesering itu pula kamu mengabaikan kehidupanmu sendiri.

Oleh karena itu, cobalah untuk berhenti menggunakan media sosial dalam rentan waktu yang kamu tentukan. Misalnya 2-3 bulan atau mungkin setahun.

Buat aturan offline weekend

Kecanduan gadget membuatmu kurang berinteraksi dengan orang-orang di sekitar, termasuk keluarga. Untuk itu, sebaiknya buat aturan offline weekend sehingga kamu bisa mendapatkan kembali quality time untuk diri sendiri dan keluarga. Percaya atau tidak, digital detox mampu memperbaiki komunikasi dengan seluruh anggota keluarga di rumah. Kamu pun bisa lebih berhenti untuk menginginkan kehidupan orang lain dan mensyukuri apa yang telah kamu miliki.

Lakukan hal-hal yang menyenangkan

Siapa bilang kamu akan merasa kesepian tanpa gadget? Nggak juga, tuh! Ada banyak kegiatan seru yang sebenarnya bisa dilakukan tanpa gadget dan internet. Kamu bisa meluangkan waktu untuk membersihkan kamar, membaca buku favorit, atau memasak menu makan malam sendiri di rumah. Sekadar santai sambil melakukan perawatan diri seperti scrubbing atau mengecat kuku juga menyenangkan, kok.

Bagaimana, Ladies? Melakukan digital detox tidak sulit, kan? Meski butuh waktu untuk mengurangi kebiaasan main gadget, namun perlahan bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Bahkan, digital detox juga efektif mengurangi masalah kulit akibat paparan radiasi gadget yang terlalu sering, seperti kerutan halus, bintik hitam, dan warna kulit tidak rata.

Nah, untuk memaksimalkan digital detox yang memengaruhi kecantikan kulitmu, jangan lupa juga rutin mengonsumsi Diva Beauty Drink yang mengandung 1000 mg kolagen aktif dan elastin peptida, untuk memberikan melembapkan kulit serta meregenerasi kulit agar terlihat lebih cerah dan segar. Minumnya dua botol sehari, ya!

Artikel Terbaru

5 Cara Digital Detox Agar Hidup Lebih Bahagia

Photo credit: PexelIstilah digital detox mungkin masih asing bagi sebagian orang di Indonesia Namun

5 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri Haid

Photo Credit: health.trythis.coOlahraga yoga memang mampu melatih kelenturan fisik, pernapasan,

Apa Saja Camilan Sehat untuk Kecantikan Kulitmu?

Photo Credit: PexelsLadies, kecantikan kulit tidak hanya didukung dari produk skincare, namun juga

5 Asupan Vitamin untuk Kualitas Tidur Lebih Baik

Photo Credit: PexelsTahukah kamu bahwa sebanyak kurang lebih 28 juta orang di Indonesia, menderita