5 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri Haid

Photo Credit: health.trythis.co

Olahraga yoga memang mampu melatih kelenturan fisik, pernapasan, hingga mental. Tetapi tidak hanya itu, Ladies. Gerakan sederhana yoga ternyata bisa mengatasi nyeri haid, lho. Gerakan-gerakan ini bisa kamu lakukan di pagi hari atau sebelum tidur. Cek lima gerakannya di bawah ini, yuk!

Ardha Baddha Parivrtta Malasana

Photo Credit: cdn.shopify.com

Gerakan yoga ini dikenal juga sebagai gerakan half-bound squat pose (menyerupai squat) yang membantu meredakan nyeri haid di sekitar pinggul. Pasalnya, mampu mengendurkan persendian yang kaku di area pinggul dan dekat lutut akibat nyeri tersebut.

Untuk mendapatkan pose ini, bisa mulai dari posisi squat dengan kedua tangan menumpu pada lantai. Lalu, julurkan lengan kananmu melewati lutut kanan yang tertekuk mengarah ke punggung. Kemudian, angkat lengan kiri dan turunkan hingga mencapai jangkauan tangan kanan yang berada di belakang punggung. Setelah mendapat posisi yang tepat, tolehkan kepala ke arah kanan. Pertahankan posisi ini hingga hitungan tiga kali napas.

Eka Pada Rajakapotasana

Photo Credit: wikihow.com

Saat haid, bagian pinggul biasanya terasa nyeri karena adanya kontraksi pada bagian dalam rahim, yang kemudian menurunkan kadar oksigen di dalamnya. Untuk mengatasi ini, kamu bisa membantu peredaran darah ke arah rahim dengan pose yoga Eka Pada Rajakapotasana, atau sering disebut gerakan Arching Pigeon.

Untuk mendapatkan gerakan ini, mulanya duduk dengan kaki kanan tertekuk ke dalam dan kaki kiri mengarah ke belakang. Setelah stabil, posisikan tangan pada pinggul sambil perlahan melengkungkan punggung. Jika tubuh semakin lentur, tarik pergelangan kaki kiri menghadap ke atas dengan kedua tangan untuk mendapatkan efek stretching lebih besar. Tahan gerakan ini dalam lima kali tarikan napas

Ustrasana

Photo Credit: squarespace.com

Merenggangkan daerah perut ternyata bisa membantu meredakan nyeri haid. Tidak percaya? Coba gerakan Ustrasana atau One-Armed Camel. Gerakan ini membantu menarik otot abdomen, sehingga membantu meregangkan bagian depan pinggul. Kamu bisa merasakan efek relaksasi saat bagian depan pinggul ikut tertarik bersama otot abdomen.

Untuk memulai gerakan yoga ini, berlututlah sebagai posisi awal. Kemudian, tarik kedua lengan ke belakang hingga menyentuh tumit kaki kanan. Begitu stabil, rentangkan tangan kiri ke udara. Kamu bisa menahan posisi ini selama lima kali tarikan napas untuk hasil maksimal. Setelah lima tarikan napas, tukar posisi tangan.

Prasarita Balasana

Photo Credit: health.trythis.co

Nyeri haid tidak hanya menyerang bagian pinggul. Dalam beberapa kasus, juga menyerang bagian pinggang bagian bawah. Untuk mengatasi nyeri pada bagian tersebut, cobalah Prasarita Balasana, atau yang sering disebut Wide Child Pose. Gerakan ini akan melatih otot punggung sehingga rasa nyeri yang timbul bisa hilang.

Mulailah dengan pose berlutut, kemudian rendahkan tubuh perlahan. Beri jarak antarkedua kaki untuk mendapatkan keseimbangan. Setelah itu, rentangkan kedua tangan hingga menempel pada lantai. Tempelkan dahi pada lantai, kemudian mulai mengatur napas. Kamu bisa berhenti setelah mencapai tarikan napas kelima.

Supta Matsyendrasana

Photo Credit: popsugar.com

Selain pinggul dan pinggang bagian bawah, daerah sekitar perut bagian bawah juga rentan terserang nyeri haid. Kamu bisa meredakan nyeri pada daerah ini dengan pose Supta Matsyendrasana atau Reclining Twist. Gerakan ini akan melatih kelenturan otot punggung sekaligus perut, sekaligus melancarkan peredaran darah menuju rahim.

Gerakan dimulai dengan berbaring telentang, kemudian silangkan kaki kiri ke arah kanan. Rentangkan lengan sambil tetap mengatur napas. Pertahankan posisi ini selama lima tarikan napas, atau hingga kamu merasakan efek relaksasi. Setelah merasa lebih nyaman, ubah posisi dengan mengangkat abdomen dan silangkan kaki kanan ke arah kiri.

Selain mempraktikkan gerakan yoga di atas, kesehatan tubuh juga perlu ditunjang dengan asupan nutrisi yang baik, Ladies. Makanya, jangan tunggu nanti, mulai dong, minum Diva Beauty Drink dari sekarang. Selain untuk menjaga kecantikan dan kekencangan kulit, kolagen juga baik untuk kesehatan organ tubuh, lho. Apalagi, Diva Beauty Drink juga mengandung antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas.

Artikel Terbaru

4 Style Kemeja yang Bikin Kamu Stylish!

Photo credit: shutterstock.comKemeja memang fleksibel dipakai di berbagai keadaan, untuk ke kantor,

Membangun Mental Health Agar Hidup Lebih Baik

Photo Credit: PexelsDi dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. begitu kata pepatah klasik

5 Cara Digital Detox Agar Hidup Lebih Bahagia

Photo credit: PexelIstilah digital detox mungkin masih asing bagi sebagian orang di Indonesia Namun

5 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri Haid

Photo Credit: health.trythis.coOlahraga yoga memang mampu melatih kelenturan fisik, pernapasan,