5 Asupan Vitamin untuk Kualitas Tidur Lebih Baik

Photo Credit: Pexels

Tahukah kamu bahwa sebanyak kurang lebih 28 juta orang di Indonesia, menderita insomnia? Yang mengejutkan, jumlah tersebut setara dengan 10% dari populasi di Tanah Air! Jumlah yang enggak bisa dianggap main-main, nih.

Insomnia biasanya ditandai dengan kesulitan memulai tidur, sering terbangun di malam hari, atau bangun terlalu pagi. Alhasil, kualitas tidur kurang maksimal dan memengaruhi aktivitas sehari-hari. Untungnya, kualitas tidur yang kurang akibat insomnia, bisa diatasi dengan mengonsumsi asupan vitamin-vitamin berikut ini, Ladies.

Vitamin B-12

Vitamin ini berperan aktif dalam pembentukan sel darah merah dan metabolisme. Tak heran, jika tubuh kekurangan vitamin B-12 akan menyebabkan tidur kurang nyenyak akibat pembentukan metabolisme yang tak baik tersebut. Untuk memenuhi vitamin yang satu ini, kamu bisa mengonsumsi telur, daging, kerang, atau susu.

Vitamin A

Ingin tidur tepat waktu dan nyenyak? Vitamin A dapat membantu memaksimalkan hal tersebut. Mengutip artikel dari Livestrong, sebuah studi ilmiah yang dilakukan STKE Science menyebutkan bahwa, asam retinoat pada vitamin ini bekerja untuk mengatur fungsi otak, termasuk juga mengatur sinyal tidur untuk membantu pola tidur lebih baik. Nah, kamu bisa memenuhi asupan vitamin A ini melalui daging, telur, unggas, atau susu.

Vitamin C

Tak hanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak. Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan sebuah jurnal ilmiah PLoS One, orang yang jarang mengonsumsi vitamin C cenderung lebih mudah terbangun saat malam hari. Bahkan, beberapa jurnal ilmiah kesehatan menyebutkan, orang yang mengonsumsi vitamin C secara cukup memiliki waktu tidur yang lebih lama, daripada mereka yang kekurangan vitamin C.

Manfaat vitamin C lainnya adalah kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu proses menetralkan radikal bebas dalam tubuh yang bisa membuat kamu lebih relaks. Nah, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin C melalui buah-buahan, seperti jeruk, kiwi, dan mangga.

Vitamin E

Vitamin yang satu ini membantu mengurangi risiko restless leg syndrom, yaitu sensasi tidak nyaman pada kaki dan dorongan untuk selalu menggerakkan kaki ketika tidur, sehingga tidur tidak nyenyak. Selain itu, mencukupi kebutuhan vitamin E dapat membantu mengurangi produksi keringat di malam hari, yang biasanya banyak terjadi pada wanita di masa menopause.

Untuk memenuhi asupan vitamin E, perbanyaklah asupan seperti ikan, kacang atau biji-bijian. Dan bagi yang belum tahu, vitamin E juga bisa didapatkan dari Diva Beauty Drink, Ladies. Itulah yang membuat minuman kecantikan ini super komplit, karena juga mengandung 1000mg kolagen aktif dan elastin peptida yang membantu mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah.

Vitamin D

Kualitas tidur seseorang nyatanya juga dipengaruhi oleh vitamin D, lho. Beberapa studi ilmiah yang dipublikasikan National Library of Medicine, telah melakukan penelitian bahwa seseorang yang memiliki kekurangan vitamin D, ternyata memiliki kualitas tidur yang lebih rendah daripada seseorang yang sudah memenuhi asupan vitamin D.

Lantas, untuk memenuhi asupan vitamin D tersebut, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan seperti kuning telur, salmon, dan tuna. Bisa juga mengonsumsi suplemen khusus yang mengandung vitamin D.

So, Ladies, masalah gangguan tidur atau insomnia bisa kamu atasi dengan memenuhi berbagai asupan vitamin di atas. Ayo, mulai terapkan kualitas tidur yang baik agar bangun pagi lebih segar!


Artikel Terbaru

4 Style Kemeja yang Bikin Kamu Stylish!

Photo credit: shutterstock.comKemeja memang fleksibel dipakai di berbagai keadaan, untuk ke kantor,

Membangun Mental Health Agar Hidup Lebih Baik

Photo Credit: PexelsDi dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. begitu kata pepatah klasik

5 Cara Digital Detox Agar Hidup Lebih Bahagia

Photo credit: PexelIstilah digital detox mungkin masih asing bagi sebagian orang di Indonesia Namun

5 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri Haid

Photo Credit: health.trythis.coOlahraga yoga memang mampu melatih kelenturan fisik, pernapasan,