6 Cara Mencuci Muka yang Benar, Dicoba Yuk!

Photo Credit: iStock

Meski terkesan sepele, aktivitas mencuci muka membutuhkan perhatian ekstra. Salah melakukannya, bisa-bisa muka tidak bersih maksimal dan memicu timbulnya jerawatan serta kulit kusam. Oleh sebab itu, simak penjelasan lengkap soal mencuci muka yang benar.

Cuci muka menggunakan air hangat

Setelah memastikan tangan bersih, cuci muka dengan pembersih wajah menggunakan air hangat (bukan air panas, ya). Setelah selesai, bersihkan wajah dengan air dingin. Oh iya, kenapa menggunakan air hangat? Karena bisa membantu memaksimalkan proses pengangkatan kotoran yang menyumbat pada pori-pori kulit wajah.

Mengaplikasikan sabun muka dengan gerakan memutar

Tuangkan sabun muka secukupnya di telapak tangan. Beri sedikit air, lalu gosokkan dengan kedua tangan hingga mengeluarkan busa. Setelah itu, aplikasikan pada muka dan pijat kulit muka secara lembut dengan gerakan memutar. Usahakan agar gerakan pijat memutar, dari bawah ke atas muka untuk memberikan kulit lebih kencang dan elastis.

Selain mengencangkan kulit, pijatan saat mencuci muka juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada muka. Dengan begini akan memudahkan asupan oksigen dan nutrisi pada muka untuk mempercepat produksi sel kulit baru.

Keringkan muka dengan handuk

Setelah selesai mencuci muka, keringkan muka menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuk perlahan. Jangan mengusapkan handuk pada muka, karena bisa membuat kulit  tertarik dan bisa menimbulkan kerutan.

Selalu pakai toner setelah cuci muka

Cuci muka menggunakan sabun belum membersihkan muka secara maksimal, Ladies. Terkadang masih ada sisa kotoran yang menempel pada muka. Karena itu, setelah cuci muka, kamu memerlukan toner. Selain untuk membersihkan sisa kotoran, toner juga berfungsi untuk menyeimbangkan pH pada kulit yang bekerja untuk melembapkan dan memberikan elastisitas kulit.

Cara menggunakan toner yang benar adalah gunakan kapas dengan gerakan mengusap dari bawah ke atas. Gerakan dari bawah ke atas ini bertujuan  untuk menjaga kekencangan kulit.

Lanjutkan dengan produk skincare yang lain

Setelah memastikan tak ada lagi kotoran yang menempel pada muka, kamu bisa mengaplikasikan berbagai produk skincare lain. Mulailah dengan produk yang paling cair, yaitu essence, serum, lalu pelembap. Jika kamu lebih dulu menggunakan pelembap yang teksturnya cenderung lebih “tebal”, produk skincare yang lebih cair akan sulit meresap di kulit muka kamu. Alhasil, fungsinya jadi tidak maksimal. Sayang sekali, kan?

Nah, setelah 6 cara mencuci muka tersebut kamu terapkan, saatnya lengkapi perawatan dari dalam. Yaitu dengan mengonsumsi minuman kecantikan Diva Beauty Drink dua botol setiap hari. Kandungan 1000 mg kolagen aktif dan elastin peptida di dalamnya, membantu meningkatkan elastisitas, regenerasi, dan menghaluskan kulit kamu.


Artikel Terbaru

Ketahui Ciri-ciri Kulit Tidak Sehat Sebelum Terlambat!

Photo Credit: PexelsDisadari atau tidak, meski sudah melakukan gaya hidup sehat, seperti minum dan

Ragam Minyak Alami yang Baik Untuk Perawatan Kulit

Photo Credit: PexelsAda banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit selalu sehat dan

6 Cara Mencuci Muka yang Benar, Dicoba Yuk!

Photo Credit: iStockMeski terkesan sepele, aktivitas mencuci muka membutuhkan perhatian ekstra.

5 Perawatan Tradisional untuk Kecantikan Kulitmu

Photo Credit: PexelsSebagai wanita Indonesia, kita dikaruniai kulit wajah yang khas dan menawan. Dan