Mengapa Kandungan Collagen Penting untuk Kulit Ya?

Photo credit: pexels.com

Ladies, mayoritas dari kamu pasti cukup sering menemui kandungan collagen dalam berbagai produk perawatan tubuh. Hal ini tidak terlepas dari fungsi collagen untuk kulit, mulai dari melembapkan wajah hingga meminimalisir munculnya garis-garis halus. Selain itu, ternyata 30 persen tubuh kita mengandung collagen. Jadi, memang sudah seharusnya kamu memenuhi kebutuhan collagen dalam tubuh.

Apa sebenarnya collagen? Yaitu jenis protein berserat dan tak larut yang jumlahnya paling berlimpah dalam tubuh manusia dan merupakan salah satu fondasi utama dari tulang, kulit, urat dan ligamen agar struktur dan kekuatannya terjaga. Ibarat lem yang merekatkan seluruh bagian tubuh menjadi satu. Lalu, kenapa collagen lebih sering dipromosikan untuk kesehatan dan kecantikan kulit saja, ya?

Bagaimana Collagen Terbentuk dalam Tubuh?

Sebetulnya, setiap tubuh manusia mampu memproduksi collagen sendiri. Di dalam kulit kamu terdapat sejumlah sel khusus yang menghasilkan molekul mini bernama pro collagen. Selama proses produksi, setiap molekul saling menempel dan membentuk fibril, yakni helai-helai tipis yang terbuat dari mineral dan vitamin serupa serabut benang.

Nah, fibril akan tumbuh dan berubah menjadi serat yang menempel pada sel kulit. Apabila serat sudah terbentuk dan menempel dengan benar, fibril akan bekerja mendukung struktur kulit dan memberikan sifat elastisitas khasnya.

Penyebab Berkurangnya Fungsi Collagen

Kemampuan memproduksi collagen akan berkurang seiring bertambahnya usia, Ladies. Alhasil, fungsinya untuk kulit pun ikut berkurang. Ada beberapa faktor yang bisa mempercepat penurunan fungsi ini. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Terlalu banyak mengonsumsi gula Saat kamu mengonsumsi gula dalam jumlah tinggi, tubuh mengalami peningkatan glycation, sebuah proses di mana gula darah menempel pada protein untuk membentuk molekul baru bernama advanced glycation end products (AGEs). Nah, AGEs ini mampu merusak protein di dekatnya dan menyebabkan kandungan collagen kering serta melemah.

  • Merokok – Kandungan nikotin dalam rokok dapat mempersempit pembuluh darah di lapisan luar kulit kamu. Akibatnya, nutrisi dan oksigen yang masuk ke kulit pun jadi terhambat sehingga kesehatan kulit kamu terancam.

  • Paparan sinar matahari – Sinar ultraviolet yang terdapat dalam sinar matahari dapat memecah collagen dengan lebih cepat, merusak serat collagen, dan menyebabkan terbentuknya elastin yang kurang seimbang.

Oleh sebab itu, agar produksi collagen dalam tubuh bisa maksimal, dianjurkan untuk memiliki gaya hidup yang sehat, yakni dengan mengonsumsi makanan bernutrisi baik, mengurangi konsumsi gula, rajin berolahraga, dan menghindari kebiasaan merokok. Oh ya, jangan lupa selalu mengenakan sunblock sebelum keluar rumah agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari!

Fungsi Collagen untuk Kulit

Dengan produksi collagen yang baik di tubuh, lambat laun kamu bisa merasakan berbagai fungsi collagen untuk kulit seperti di bawah ini, Ladies:

1. Melembapkan kulit

Bagi yang punya kulit kering, collagen bisa membantumu menambah kelembapan kulit. Kulit yang kering biasanya kekurangan asam amino, dan collagen dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Tak hanya melembapkan, collagen juga akan menghidrasi kulitmu.

2.  Memperbaiki warna kulit

Warna kulit wajah yang tidak merata memang bisa mengurangi rasa percaya diri ya, Ladies. Untungnya, hal tersebut bisa diatasi dengan collagen. Asam amino yang terdapat dalam collagen akan membantu lapisan luar kulit tetap sehat dan halus. Kulit kamu pasti akan terlihat lebih muda!

3.  Mengurangi garis-garis halus

Dalam kulit, collagen biasanya ditemukan pada dermis, yang terletak di lapisan bawah. Collagen inilah yang bertanggung jawab untuk menjaga elastisitas kulit kamu. Saat collagen berkurang, yang mana biasanya hal ini terjadi seiring bertambahnya usia, garis-garis halus pun akan muncul sebagai dampak dari berkurangnya elastisitas kulit. Karenanya, pastikan asupan collagen dalam tubuh sudah cukup.

4. Meminimalisir luka

Luka seperti bekas jerawat bisa membuat kulit jadi semakin jauh dari kondisi flawless. Kabar baiknya, asam amino yang ada dalam collagen bisa mengurangi bintik-bintik hitam atau luka lain yang muncul pada kulit kamu. Collagen akan membantu memaksimalkan proses pembentukan jaringan kulit sehingga mempercepat penyembuhan kulit agar kembali flawless.

5. Menghilangkan sel kulit mati

Di bagian dermis, atau lapisan tengah kulit, collagen membantu terjadinya pembentukan jaringan sel bernama fibroblasts, yang bertanggung jawab atas tumbuhnya sel-sel baru. Fibroblasts ini juga yang berperan untuk menghilangkan sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.

Seiring berjalannya waktu, produksi collagen dalam kulit akan berkurang dan menyebabkan menurunnya elastisitas kulit. Kamu bisa menambah asupan collagen sendiri dengan minum Diva Beauty Drink yang mengandung 1000 mg collagen aktif untuk meremajakan kulit kamu. Dengan minum 2 botol Diva Beauty Drink 2 botol sehari , kamu bisa mengembalikan fungsi collagen untuk kulit secara optimal, Ladies!


Baca juga: Tren Wajah Porselen Ala Wanita Korea Selatan

Referensi:

https://www.furtherfood.com/what-is-marine-collagen-peptides-marine-collagen-benefits/

https://www.livestrong.com/article/208122-benefits-of-marine-collagen/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/262881.php

Artikel Terbaru

Mengapa Kandungan Collagen Penting untuk Kulit Ya?

Photo credit: pexels.comLadies, mayoritas dari kamu pasti cukup sering menemui kandungan collagen

Tips Memilih Makanan untuk Cegah Jerawat

Divabeauty - Mayoritas wanita tidak menyadari bahwa diet yang mereka lakukan ternyata memiliki efek

Waktu Tepat untuk Mengonsumsi Karbohidrat

Divabeauty - Jangan hanya menyalahkan karbohidrat ketika berat badan Anda naik beberapa ons.

Tips Awet Muda di Usia 40-an

Perawatan di usia 40-an adalah perawatan terpenting dibanding usia lainnya karena pada masa inilah