Apa yang Terjadi Pada Tubuh Anda ketika Menstruasi?

Divabeauty - Mood swing, nafsu makan yang meledak-ledak, pegal-pegal, dan kram perut adalah beberapa hal menyiksa yang biasa dirasakan wanita ketika menstruasi. Apa saja bisa terasa tidak beres ketika seorang wanita sedang menstruasi. Tak hanya bagian dalam tubuh, kulitpun mengalami banyak masalah ketika Anda menstruasi, dan hal-hal tersebut sebagian besar memang disebabkan oleh hormon.

Rata-rata, siklus menstruasi seorang wanita adalah 28 hari, 4 minggu total. Selama dua minggu pertama, estrogen adalah hormon yang paling dominan. Sementara dua minggu berikutnya, progesterone mengambil alih dan lebih dominan dibanding estrogen. Sebelum dan selama menstruasi, kedua hormon tersebut berada pada titik terendah, sementara level testosterone tetap berada pada titik stabil selama sebulan penuh. 

Pada pra-menstruasi dan saat menstruasi, yaitu ketika level progesterone meningkat melebihi kadar estrogen, kulit Anda terpicu untuk memproduksi minyak sebum dan menyempitkan pori-pori. Karena produksi minyak sebum lebih banyak dan pori-pori tadi mengecil itulah maka semakin tinggi resiko timbulnya jerawat dan iritasi ketika wanita sedang menstruasi.

Sebetulnya, kemunculan jerawat pada periode menstruasi ini sangatlah wajar. Jadi, jangan buru-buru mengganti produk perawatan wajah yang selama ini Anda gunakan dan tetaplah berlaku lembut pada kulit Anda.

Artikel Terbaru

Senam Wajah, Cara Mengencangkan Wajah Agar Awet Muda

Photo Credit: Pexels & pxhereSebagai perempuan, wajar kalau kamu selalu ingin tampil cantik dan

Yuk, Ikutan Tren Gaya Hidup Sehat Ini!

Photo credit: pexels.comLadies, banyaknya tempat untuk berolahraga, makanan sehat dan kampanye

Ladies, Ini Tips Tetap Sehat dan Fit saat Mudik

Photo Credit: shutterstock.comTetap sehat dan fit saat mudik lebaran penting untuk diperhatikan,

Tips Pola Makan di Bulan Puasa Agar Selalu Segar

Photo credit: pixabay.comSelama Bulan Puasa tentu ada banyak perubahan yang harus kamu hadapi, salah